Breaking News
Loading...
Kamis, 09 Mei 2013

Wisata Edukasi Ulat Sutera di Bandung

10.00


Wisata Edukasi Ulat Sutera di Bandung
Selalu ada hal yang bisa digali dari Bandung, Jawa Barat. Kali ini, Kota Kembang ini menawarkan wisata edukasi tentang ulat sutera.
Akhir pekan yang tidak terlalu panjang biasanya dimanfaatkan warga Ibu Kota untuk berlibur tanpa jauh dari Jakarta. Bandung bisa menjadi pilihan. Ajak si kecil dan keluarga untuk berwisata ke Wisata Ilmu Sutera Bandung Padepokan Dayang Sumbi.

Tempat wisata edukasi ini berlokasi di Arcamanik, dan merupakan pembuatan kain sutera satu-satunya di Bandung. Di sini, Anda bisa melihat proses pembuatan benang, kain, dan aneka kerajinan dari ulat sutera.
Tempat pertama yang akan Anda tuju adalah perkembangbiakan ulat sutera murbei (bombyx mori) yang masih berusia lima hari.
Setelah puas melihat bayi-bayi ulat sambil bertanya mengenai proses perkembangbiakannya, Anda bisa beralih ke rumah ulat dewasa, yang berusia 20 hari. Mulut ulat sutera dewasa akan mengeluarkan serat berupa benang yang terasa lembut.
Perbedaan benang sutera asli dan yang bukan. Caranya, ambil sedikit serat lalu bakar. Benang sutera yang asli akan mengeluarkan bau seperti rambut terbakar.Bau itu berasal dari protein, serat ulat sutera. Dan, hasil bakarannya ketika diambil juga habis menjadi debu, tidak menggumpal.
Selesai mempelajari proses ulat sutera hingga menjadi kain berharga mahal, jangan lupa membawa buah tangan yang dipajang di ruang produk akhir. Ada kain sutera ATBM yang cantik dengan motif timbulnya, sutra ATM yang dilukis tangan, dan yang menarik adalah kerajinan dari kepompong ulat sutra. Kepompong utuh ulat sutera ini dikreasikan menjadi anting, gelang, kalung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer