Breaking News
Loading...
Senin, 29 April 2013

Museum Pertama di Indonesia Adanya di Kota Surakarta

10.00


Museum Pertama di Indonesia Adanya di Kota Surakarta
Keindahan alam Indonesia selalu menarik untuk dibahas. Banyaknya jenis destinasi wisata memungkinkan wisatawan tidak pernah bosan menjelajahi Nusantara, termasuk bangunan yang diperuntukkan bagi destinasi liburan. Tahukah Anda, Museum pertama di Indonesia?

Museum Radya Pustaka
Museum sering dijadikan tempat berlibur sekaligus sarana menambah pengetahuan, terutama mengenai sejarah di masa lalu. Di Indonesia sendiri, kini begitu banyak museum yang ditemukan dengan koleksi yang beragam pula. Namun, tahukah Anda museum yang pertama kali ada di Indonesia?
Tak banyak yang tahu jika museum yang pertama kali dibangun di Indonesia adalah Museum Radya Pustaka. Museum yang berada di Kota Surakarta ini sudah didirikan sejak 28 Oktober 1890, dimasa pemerintahan Pakubuwono IX.
Seiring berjalannya waktu, museum kemudian dipindahkan ke sebuah gedung bekas rumah orang Belanda di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta, hingga saat ini.
Pengunjung yang akan masuk ke dalam museum langsung disambut oleh sebuah patung Rangga Warsita, seorang pujangga Keraton Surakarta yang termahsyur. Koleksi museum terdiri dari berbagai benda kuno, seperti arca, pusaka adat, wayang kulit, dan buku-buku kuno. (okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer