Breaking News
Loading...
Rabu, 08 Mei 2013

Rumah Panjang dan 43 Keluarga yang Hidup dalam Satu Atap!

14.00


Rumah Panjang dan 43 Keluarga yang Hidup dalam Satu Atap!Apa rasanya, satu rumah dihuni 40 lebih keluarga? Hal unik seperti ini dapat Anda saksikan di Rumah Panjang Saham, Kalimantan Barat.
Di Kabupaten Landak  tepatnya di Kampung Saham, Kalimantan Barat, Anda dapat melihat objek wisata tradisional yang unik, yaitu Rumah Panjang Saham. Rumah Panjang Saham adalah rumah adat Suku Dayak yang dihuni oleh 43 keluarga.
Rumah ini sudah tua, kabarnya sudah berdiri sejak 1875 atau lebih dari 130 tahun. Seperti namanya, rumah adat ini memang benar-benar panjang, mencapai 180 meter. 

Rumah ini dibangun dari kayu ulin, kayu khas Kalimantan. Rumah Panjang Saham sudah mengalami beberapa kali renovasi, meski banyak juga beberapa bagiannya yang masih asli dari sejak pertama kali dibangun.
Saat berada di rumah ini, Anda akan mampu merasakan ikatan kuat antar satu sama lain penghuninya. Mereka hidup dengan cara bergotong royong dan bekerja sama, karena tanpa semua itu, mereka tidak akan bisa hidup rukun dalam satu atap Rumah Panjang Saham.
Rumah Panjang Saham bisa ditempuh dengan sekira satu jam perjalanan dari Ngabang, Kabupaten Landak. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan beroda empat atau dua, dengan jalan yang sedikit berbatu. Namun, perbukitan hijau dan hutan di sekelilingnya menambah suasana petualangan saat Anda menuju rumah tradisional ini. Untungnya, sebagian besar jalan sudah beraspal, sehingga kami tidak kesulitan untuk mencapai objek wisata kebanggaan Kabupaten Landak ini.
(okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer