Breaking News
Loading...
Kamis, 16 Mei 2013

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

10.00

Kepulauan Raja Ampat, Papua BaratRaja Ampat merupakan empat gugusan pulau (Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta) yang berada di barat pulau Papua tepatnya di provinsi Papua Barat di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan destinasi para penyelam-penyelam dan para pencinta wisata bahari yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.
Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir diantaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang kemudian berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Barat dan Misool Timur. Dan sementara itu tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu. 

Masyarakat di Raja Ampat umumnya bekerja sebagai nelayan tradisional yang menetap di kampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau. Masyarakat disana ramah menerima tamu dari luar.
Perairan Raja Ampat menurut berbagai sumber merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia, bahkan mungkin juga diakui sebagi yang nomor satu untuk kelengkapan biota lautnya karena terdapat sekitar 450 jenis karang yang pernah diidentifikasi saat dilakukan penelitian serta 1000 jenis spesies fauna laut yang ada.
Di kawasan gugusan pulau misool juga ditemukan peninggalan pra sejarah berupa cap tangan yang terlihat pada dinding batu karang dan berada sangat dengan laut serta tidak berada di dalam gua. Menurut perkiraan cap tangan tersebut sudah berada 50.000 ribu tahun yang lalu dan menjadi bagian dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat nusantara menuju Papua dan Melanesia.
Untuk mengunjungi kepulauan Raja Ampat tidaklah sulit tetapi memang memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Kita bisa menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta menuju Sorong selama 6 jam penerbangan. Dari Sorong untuk menjelajahi Raja Ampat ada dua pilihan alternatif ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resort Papua Diving. Walaupun Raja Empat terkenal dengan wisata bawah lautnya tapi Raja Ampat juga memiliki lokasi yang menarik bagi Anda yang ingin menikmati pantai-pantai berpasir putih yang indah, gugusan pulau-pulau karst yang mempesona dan flora fauna unik endemik seperti Burung Cendrawasih Merah, Cendrawasih Wilson, Maleo Waigeo, serta beraneka burung yang memiliki warna yang indah seperti kakatua, dan nuri.
Nah, bagi Anda yang ingin merencanakan wisata bahari tidak ada salahnya untuk datang ke Raja Ampat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer